Kamis, 29 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan


Manusia merupakan mahkluk yang sebaik baiknya diciptakan-Nya, yang memiliki trias dinamika yaiu cipta, rasa dan karsa. Manusisa juga merupakan kombinasi dari unsur unsur roh, jiwa, pikiran, dan fisik. Hal inilah yang membuat setiap gerak gerik manusia sebenarnya dibatasi dengan pikirannya masing masing. Dia biasanya tidak melakukan hal, yang dia anggap tidak baik, atau melakukan hal yang menjadi anjuran Agamanya.

Manusia dan kebudayaan berhubungan begitu erat. Suatu kebudayaan tidak akan terbentuk tanpa adanya manusia. Manusia pada zaman dahulu hidup berkelompok karena sejatinya manusia tidak dapat hidup sendiri atau disebut juga dengan mahkluk sosial. Dari kelompok kelompok manusia inilah bermunculan kegiatan kegiatan kelompok yang lama kelamaan membesar dan menjadi sebuah kebudayaan.

Berikut unsure unsure dari suatu kebudayaan:
1. Sistem Religi / Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup

Banyak hal positive yang di hasilkan dari kebudayaan kebudayaan ini. Tidak jarang ini menjadi suatu keidahan seni yang dapat menghibur mereka pada waktu tertentu. Hal ini pun dapat menjadi suatu ciri khas untuk sebuah daerah. Banyak daerah daerah pelosok yang menjadi terkenal, karena keindahan dan keunikan kebudayaan mereka.

rumah ada Suku Baduy
masyarakat Suku Baduy


masyarakat Suku Dayak

0 komentar:

Poskan Komentar