Selasa, 14 Januari 2014

iOS 7 vs. Android 4.3 Jelly Bean


Untuk membuat suatu sistem operasi menjadi yang terbaik tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Banyak hal harus diperhitungkan secara matang, setelah itu baru dibandingka dengan sistem operasi lain. Selama ini Android dikenal sebagai sistem operasi berbasis open source dimana keberadaannya lebih memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai proses tweak, dan kemudahan ini menjadikan Android banyak diadaptasi pada berbagai perangkat smartphone.

Sebaliknya pada iOS, sistem operasi buatan Apple ini lebgih mengutamakan eksklusifitas. Para pengguna iOS tidak dapat melakukan proses tweak dengan leluasa, namun Apple menjanjikan koleksi aplikasi yang berkualitas pada sistem operasi tertutup mereka. Keadaan ini tentu mengharuskan Apple mendesain iOS dengan baik, oleh karena itu kualitas iOS layak untuk menjadi kandidat sistem operasi terbaik saat ini.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika Android 4.3 dihadapkan dengan iOS 7? Siapakah yang berhak menyandang titel pengrembang sistem oerasi terbaik saat ini? Mari kita simak perbandingannya.

Android 4.3 dan iOS 7 sebagai kandidat sistem operasi terbaik saat ini memiliki konsep yang sama pada lock screen mereka, yakni minimalis. Tidak banyak yang dapat kita lihat pada lock screen keduanya sistem operasi ini. Layar utama pada iOS menunjukkan bahwa terdapat 24 icon yang dapat dimuat pada sebuah home screen, sementara Android hanya dapat menampung 20 saja.Hal ini tentu saja tidak terlalu merepotkan karena kita bisa saja menggolongkan berbagai aplikasi ke folder-folder spesifik. Untuk Anda pengguna iOS 7, berbahagialah karena dilengkapi dengan fitur folder yang tidak memiliki jumlah maksimal dari aplikasi yang dapat ditampung. Fitur folder pada Android hanya dapat memuat 16 aplikasi saja per foldernya.

Swipe ke arah atas pada iOS memberi kita tombol-tombol opsi seperti pengaturan brightness, mengontrol musik, mengaktifkan WiFi dan Bluetooth, serta menggunakan flash pada kamera sebagai senter. Android pun memiliki hal yang serupa jika melakukan swipe ke arah bawah. Perbedaan yang paling signifikan adalah kemampuan untuk mengakses notifikasi maupun control center dari layar apapun, termasuk dari layar sebuah game full screen. Salah satu selisih fungsi yang cukup besar untuk memperebutkan posisi kursi sistem operasi terbaik tahun ini.

Android layak disebut sebagai sistem operasi terbaiksaat ini jika penilaiannya hanya didasarkan pada kemampuan kustomisasinya saja. Android masih merajai dengan berbagai widget, live wallpaper, dan launchers. Sementara itu, iOS sedang menyusul dengan kehadiran beberapa fitur tambahannya.

Pada Android, sedikit lebih unggul pada segi keyboard karena menawarkan ekstra ruang di antara hurufnya, serta kemampuan untuk memasukkan teks menggunkan mode swipe. Namun untuk urusan pengiriman pesan, iOS 7 masih unggul dengan fitur iMessagenya.Sayang fitur ini hanya dapat dimanfaatkan untuk sesama perangkat iOS.

Untuk urusan multitasking, kedua kandidat sistem operasi terbaik ini tidak jauh berbeda.iOS mengejar ketertinggalannya dengan menyediakan tampilan preview aplikasi, berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya menggunakan icon.

Android dapat diklaim sebagai sistem operasi terbaik saat ini jika penilaiannya hanya tentang dukungan multiple user. Dengan adanya fitur ini, setiap pengguna Android dapat menjaga privasi dan akses ke beberapa aplikasi pada sebuah perangkat yang sama.

Analisis :
Sistem operasi terbaik saat ini masih diperebutkan oleh Android dan iOS, dan keduanya masih bersaing dengan ketat.iOS 7 memiliki Siri sebagai AI (Artificial Intelligence) asisten Anda, sedangkan Android 4.3 telah menggunakan Google Now untuk hal yang sama. Untuk urusan internet browser, iOS 7 ditunjang oleh Safari, sedangkan Android mengandalkan Chrome. Masalah pemetaan juga nyaris sama, iOS 7 menggunakan Apple Maps sedangkan Android 4.3 menggunakan Google Maps. Untuk masalah transfer data, Android membebaskan penggunanya untuk menghubungkan perangkat ke PC dan melakukan copy-paste, sedangkan iOS 7 membutuhkan software iTunes.

Antara Android 4.3 dan iOS 7 tentu saja masih belum dapat disimpulkan yang mana yang layak dinobatkan sebagai sistem operasi terbaik saat ini.Andoid unggul dengan kebebasan eksplorasinya, sedangkan iOS 7 unggul dalam eksklusifitas dan kualitasnya. Sebaiknya Anda menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena sulit sekali untuk mencari sistem operasi mana yang lebih bagus dari yang lain. [BAM]

Sumber :
http://portal.paseban.com/review/126962/sistem-operasi-terbaik-2013
http://endahtriwulandari.blogspot.com/2013/11/ios-7-vs-android-43-jelly-bean.html


0 komentar:

Posting Komentar