Selasa, 14 Januari 2014

Dampak Gadget Pada Perkembangan Anak


Saat ini, gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, tak terkecuali pada anak-anak. Penggunaan gadget secara positif memang telah membantu anak-anak dalam kesehariannya, terutama dalam mencari data untuk tugas sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah, serta sebagai sarana hiburan dengan berbagai software permainan yang tersedia. Namun, tahukan Anda bahwa dampak gadget pada perkembangan anak dapat juga mengarah ke hal yang negatif?

Salah satu dampak gadget pada perkembangan anak yang telah diketahui adalah penurunan konsentrasi. Ketika seorang anak terlalu banyak menggunakan gadget, ia akan mengandalkan gadget untuk mengerjakan berbagai hal, atau lebih senang berimajinasi seperti tokoh game yang sering dimainkan dengan gadget-nya. Hal ini menyebabkan konsentrasi anak menjadi lebih pendek, dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Ini dapat menyebabkan anak sulit berkonsentrasi saat belajar, yang berdampak pada penurunan prestasi di sekolah. Dengan menggunakan gadget, anak memang jadi lebih mudah dalam belajar. Namun jika terlalu mengandalkan gadget, anak jadi mengalami ketergantungan, sehingga jika tidak menggunakan gadget, ia akan merasa sulit untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, tampilan visual pada gadget yang menarik dan menggoda dapat membuat anak malas mengembangkan imajinasinya. Keberadaan gadget yang membuat segala sesuatu menjadi instan alias serba cepat membuat anak tidak tertantang untuk melakukan analisis dalam menghadapi permasalahan.

Dampak gadget pada anak yang terasa paling nyata adalah penurunan dalam kemampuan bersosialisasi. Anak yang terlalu asyik bermain dengan gadget menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga tidak memahami etika bersosialisasi. Selain itu, anak yang mengakses situs jejaring di dunia maya secara berlebihan juga dapat membuat anak berpikir bahwa mencari teman bisa dilakukan melalui internet, dan melupakan teman-teman yang ada di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, agar gadget dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak, kendalikan pemakaian gadget agar tidak berlebihan.

Selain dampak pada perkembangan kecerdasan, dampak gadget pada perkembangan anak juga berpengaruh pada perkembangan mata anak. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan gadget secara berlebihan dapat memperberat kerja otot mata dalam mengatur fokus, dan menimbulkan ketegangan mata. Hal ini dapat mempercepat timbulnya kelainan miopia (mata minus) pada anak-anak. Oleh karena itu, ada baiknya sering-sering memeriksakan kesehatan mata anak, untuk mengetahui dampak penggunaan gadget secara berlebihan pada mata.

Analisis :

Saya setuju dengan artikel diatas, karena zaman sekarang ini tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan gadjet – gadjet tetapi anak anak yang masi dibawah  umur juga sudah menggunakannya, walaupun hanya untuk sekedar bermain game, mereka dapat teralihkan sehingga lupa waktu untuk belajar. Anak – anak akan menggunakan waktu senggangnya untuk bermain game yang ada pada gadget mereka, dan tanpa disadari tentu saja hal ini dapat merusak konsentrasi dan penglihatan mereka, tak heran anak – anak zaman sekarang banyak yang sudah menggunakan kacamata.

0 komentar:

Poskan Komentar