Selasa, 14 Januari 2014

GOOGLE GLASS?



Untuk menjawab apa itu Gooogle Glass, pertama kita harus tahu terlebih dahulu wujudnya. Berikut ini adalah foto/gambar yang menunjukkan bagaimana bentuk dari alat yang bernama Google Glass ini:

google glass


Sama seperti namanya, Google Glass berwujud kacamata, dan benar-benar dipakai seperti halnya kacamata biasa. Namun alat ini memiliki banyak fitur, fungsi, dan manfaat canggih dengan sentuhan teknologi modern.

Jika didefinisikan dalam kalimat sederhana..

Google Glass adalah sebuah gadget (perangkat teknologi modern) dalam bentuk kacamata, yang memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi serta fungsi layaknya smartphone bebas genggam, dan dapat dikendalikan melalui perintah suara. Konsepnya adalah, meletakkan layar monitor/tablet/smartphone tepat di depan mata penggunanya.

Terdengar keren, seperti kacamata cyborg.

Siapa yang membuat Gooogle Glass?
Google Glass dikembangkan oleh raksasa internet Amerika Serikat, Google Inc. Lebih tepatnya lagi, oleh "Google X", sebuah lab rahasia yang memiliki misi menciptakan berbagai macam teknologi masa depan, dan diawasi langsung oleh Sergey Brin, co-founder Google. Secara khusus, proyek ini dinamakan "Project Glass" dan dipimpin oleh Thad Starner, seorang profesor yang berpengalaman di bidang teknologi augmented reality. Sebagai tambahan, teknologi yang dipakai dalam "Project Glass" ini telah dipatenkan.

Apa saja fitur Google Glass?

Sebagai alat yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern, Google Glass memiliki manfaat, fungsi, dan fitur sebagai berikut:

Mengambil gambar atau foto hanya dengan perintah suara. Pengguna hanya tinggal mengatakan: "take a picture".
Merekam apa yang dilihat secara langsung dalam bentuk video.
Share segala hal yang dilihat ke social media.
Sebagai penunjuk arah melalui GPS.
Mengirimkan pesan melalui perintah suara.
Menanyakan apapun secara langsung seperti halnya saat searching di google.
Menerjemahkan apa yang ingin dikatakan ke dalam berbagai bahasa.
Menyediakan informasi-informasi umum seperti cuaca, jadwal pesawat, dsb.

kacamata google glass

Mayoritas fungsi dan fitur yang dimiliki Google Glass hampir sama dengan smartphone, namun letak perbedaan besarnya adalah: bisa selalu terlihat dan langsung dipakai karena dalam bentuk kacamata (live), dan bisa dikendalikan dengan suara (hands-free alias bebas genggam).

Hardware Google Glass
Kamera yang ada pada Google Glass mampu mengambil gambar dengan resolusi 5 megapixel, dan merekam video dengan kualitas 720p HD.

Google Glass juga dilengkapi touchpad yang terletak di samping, berfungsi untuk mengontrol penggunaan fitur dengan cara menyentuh, menggesek, dan mengetuknya.

Spesifikasi lainnya, Google Glass memiliki display 640x360, dilengkapi bluetooth, wi-fi 802.11b/g, ruang penyimpanan 16 GB, RAM 682MB, kompas, serta beberapa hardware penunjang lain termasuk perangkat penting untuk menerima perintah suara.

Aplikasi Google Glass
Aplikasi pada Google Glass dinamakan Glassware, dan boleh dikembangkan secara bebas oleh pihak ke-tiga. Glassware yang telah dipakai oleh Google Glass, tentu saja aplikasi-aplikasi standard milik Google sendiri, seperti: Google Now, Google Maps, Google+, dan Gmail.

Pada 15 April 2013, Google mulai membuka ruang bagi para developer pihak ke-tiga untuk mengembangkan aplikasi lain di Google Glass. Para developer pun mulai membuat beragam jenis aplikasi, mulai dari aplikasi berita, note, photo editor, hingga aplikasi untuk sharing ke social media seperti facebook dan twitter.

Bagaimana Cara Memakai Google Glass?

Selain menggunakan touchpad yang cara pakainya hampir sama seperti touchpad pada laptop, terobosan yang dimiliki Google Glass adalah bisa dikontrol dengan menggunakan suara.

Untuk mengaktifkan Google Glass dengan suara, pengguna bisa menengadahkan kepalanya 30° ke depan atau mengetuk touchpad, lalu mengatakan: "OK, Glass".

Setelah Google Glass aktif, pengguna bisa mulai menggunakannya untuk menjalankan fungsi-fungsi atau fitur yang ada. Cara menjalannya hanya dengan mengatakan perintah suara: "Take a picture", "Record a video", dll.

Bahkan jika pengguna ingin mendapatkan arah ke suatu tempat, bisa dengan cara memberikan perintah suara, misalnya: "Give me directions to the Borobudur Temple". Jika ingin mengirim pesan, "Send a message to Maman". Jika ingin menanyakan sesuatu, tinggal mengatakan: "Google, how long is the Suramadu Bridge?"

Analisis :

Memang sangat maju sekali teknologi kita sekarang ini. Dengan adanya google glass ini jelas sangat membantu kita untuk melakukan aktifitas. Kita tak lagi memerlukan lagi handphone atau pun gadget yang lainya untuk berkomunikasi dan mengakses internet. Teknologi ini benar benar nyata didepan mata kita, nyata didepan mata. Inilah yang kita butuhkan sekarang ini. Praktis, instan.

0 komentar:

Poskan Komentar