Selasa, 14 Januari 2014

Prosesor iPhone 5S Ternyata Bikinan Samsung




Apple masih membutuhkan Samsung, setidaknya untuk saat ini karena pabrikan asal Korea itulah yang memproduksi chip 64-bit "A7" pada iPhone 5S.

Hal tersebut diungkapkan oleh situs Chipworks yang Jumat (20/9/2013) lalu membongkar iPhone 5S dan menemukan bahwa "otak" ponsel pintar ini ternyata diproduksi oleh Samsung.

"Analisis awal kami mengonfirmasikan bahwa chip ini difabrikasi oleh Samsung. Kami akan menelaah lebih lanjut tentang proses produksinya," ujar seorang jurubicara Chipworks, sebagaimana dikutip oleh ZDNet.

Chipworks menduga Samsung memakai teknologi fabrikasi 28nm Hi-K metal gate untuk produksi A7. Proses ini juga dipakai untuk prosesor Exynos octa-core milik Galaxy S4.

Adapun chip motion co-processor M7 pada iPhone 5S dibikin oleh perusahaan lain, yaitu NXP. Kamera "iSight" di ponsel tersebut memakai sensor Exmor-RS buatan Sony.
Produsen gadget berlambang buah ini memang merancang sendiri prosesornya, lalu menyerahkan desain tersebut ke pabrik pihak ketiga untuk diproduksi, termasuk ke Samsung yang memiliki divisi semikonduktor yang berdiri terpisah dari divisi mobile. 

Lantaran terlibat persaingan keras di pasaran dan sengketa paten di ruang pengadilan, Apple belakangan disebut berusaha mengalihkan produksi chip yang ditangani Samsung ke pihak lain, seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Akan tetapi, kabar terakhir menyebutkan bahwa kerja sama Apple dengan TSMC baru bisa dimulai pada 2014. Perusahaan tersebut masih tergantung pada Samsung untuk sekarang.

Beberapa hari setelah kemunculan iPhone 5S, Samsung melalui Kepala Divisi Perangkat Bergerak JK Shin menyatakan bakal turut membuat perangkat mobile dengan prosesor 64-bit.

Analisis
Dalam kenyataan nya memang belum ada pabrik mampu produksi chipset murah dan tangguh selain samsung ,dan dalam kenyataannya yang lebih mahal harganya banyak tpi tidak dipungkiri , prodak yang mahal tersebut menjanjikan kualitas yang bagus . Akan tetapi dalam hal ini apple menjajikan kualitas yang bagus


0 komentar:

Poskan Komentar