Selasa, 14 Januari 2014

Akses Internet Lebih Cepat Dengan Metode Lampu LED


akses internetBaru baru ini para cendekiawan dari Shanghai Institute of Technical Physics di China telah berhasil menemukan sebuah media untuk memindahkan data baru yang mampu mendukung koneksi internet, yakni bohlam lampu LED.

Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh para Ilmuan ini tak lain adalah untuk memperoleh teknologi baru dengan istilah Light Fidelity (LiFi) teknologi ini diciptakan untuk memberikan akses internet dengan kecepatan yang sangat cepat untuk semua publik, mengingat jika keberadaan internet saat ini sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Para Ilmuwan ini melaporkan bahwa hanya dengan media satu watt bola lampu LED, maka sebanyak empat perangkat komputer mampu terhubung serta dapat menghubungkan koneksi internet secara serempak. Kehebatan lainnya dari mekanisme baru ini mampu menyuguhkan kecepatan transfer data yang lebih cepat serta biaya yang murah jika dibandingkan dengan WiFi.

Hal tersebut dapat dibuktikan dari beberapa uji coba yang dilakukan dengan menggunakan metode bola lampu yang di sematkan microchip, alhasil lampu tersebut mampu menghasilkan kecepatan transfer data sampai dengan 150 Mbps. Kecepatan akses internetnya melebihi koneksi WiFi yang tersedia di negara Jepang.

Mendapatkan hasil penemuan yang sangat luar biasa tersebut, teknologi ini tentunya mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dan dapat diandalkan di tahun tahun mendatang. Yang menjadi banyak pertanyaan saat ini, bagaimana apabila secara mendadak terjadi pemadaman aliran listrik apakah bola lampu LED tersebut masih mampu menghubungkan layanan internet?

Analisis:

Dengan bertambah cepatnya koneksi kita ke internet, memungkinkan kita dapat melakukan pekerjaan lebih cepat. Terutama mereka yang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan internet. Untuk itu pun saya berharap agar teknologi yang mungkin hal baru untuk kita ini dapat dikemnbangkan agar kita semua pun dapat merasakannya juga.

0 komentar:

Poskan Komentar